Kamis, 18 Februari 2010

merakit bintang dan kaitannya dengan proses belajar dalam landasan filosofis,psikologi dan sosiobudaya dalam pendidikan

A. merakit bintang dengan landasan filosofis dalam pendidikan
filsafat berasala dari kata - kata "philos" yang berarti cinta dan "sophia" yang berarti wisdom atau kebijaksanaan. jadi filsafat dapat diartikan secara mendalam terhadapa kebijaksanaan, cinta dan kearifan.berfilsafat merupakan salah satu kegiatan manusia, dimana manusia akan berusaha mencapai kebijaksanaan dan kearifan> berfilsafat adalah berpikir, namun tidak semua berpikir itu berfilsafat . berfilsafat adalah berpikir yang memiliki 3 ciri yaitu :
  • radikal
  • sistematis
  • universal
berpikir radikal adalah berpikir sampai ke akar - akarnya, berpikir sistematis adalah berpikir yang logis dan berpikir universal adalah berpikir secara menyeluruh dan tidak terbatas pada kaitan - kaitan tertentu. kaitan antara berpikir dengan tugas merakit bintang dengan 5 tusuk sate adalah kita harus berpikir untuk dapat menyelesaikan 5 buah tusuk sate agar dapat terakit menjadi bintang dan disini kita harus dapat mengambil langkah kebijaksanaan agar dapat menyelesaikannya menjadi sebuah bintang yang kokh dan kuat. sementara itu kita harus juga berpikir secara logis dan berpikir secara menyeluruh,menggunakan berbagai cara yang tidak terbatas agar 5 tusuj=k sate tersebut dapat menjadi sebuah bintang.

B. merakit bintang dengan landasan psikologis dalam pendidikan
keadaan seorang anak dari yang belum dewasa menjadi dewasa mengalami suatu perubahan karena adanya arahan dan bimbingan dari pendidik yang menjadi suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi.perubahan tersebut merupakan gejala yang timbul secara psikologis sehingga pendidik harus mampu memahami perubahan yang terjadi pada individu.hasil pendidikan yang berupa perubahan tingkah laku meliputi bentuk kemampuan yang menurut taksonomi Bloom diklasifikasikan dengan 3 kemampuan (domain) yaitu :
  • kognitif (cognitive domain )
  • afektif ( affective domain )
  • psikomotor (psychomotor domain )
dalam kaitannya tugas merait bintang dengan 5 buah tusuk sate dengan hal tersebut adalah dimana dalam hal kognitif kita diharapkan memikirkan dan memahami langkah dalam merakit bintang tersebut dan kemudian menerapkanny, dalam hal afektif kita dapat berpartisipasi dalam kegiatan merakit bintang tersebut dan mnerima ide dan masukan dari yang lain, semetra itu dalam hal psikomotor adalah kemampuan dari diri kita masing - masing dalam mnegrjakan dan merakit tusuk sate tersebut agar dapat menjadi sebuah bintang.

C.merakit bintang dengan landasan sosiobudaya dalam pendidikan
manusia sebagai makhluk sosiobudaya juga merupakan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain yang telah ada sejak lahir.dalam hal merakit bintang dengan 5 buah tusuk sate ini kita dalam kelompok saling membutuhkan dan memberi pendapat agar pembuatan tusuk sate tersebut dapat terselesaikan dan saling menghargai pendapat antar anggota dalam kelompok sehingga pembuatan tusuk sate dapat terselesaikan dengan adanya kerjasama antar kelompok walaupun ada banyak perbedaan pendapat dari masing - masing anggota kelompok.

suri ichwani 081301103

Tidak ada komentar:

Posting Komentar