Minggu, 04 April 2010

Laporan Hasil Observasi "Multiple Intelligence"

Alhamdulillah akhirnya bisa diupload juga filenya, bisa klik disini untuk laporan hasil observasi dalam bentuk rtf. Dan yang slide di klik disini. maaf atas ketelatan kami.

4 komentar:

  1. (UAS) 1. Suri, coba uraikan pengalamanmu dalam melakukan observasi dengan kelompok berdasarkan salah satu teori paedagogi yang paling kamu kuasai.

    BalasHapus
  2. salah satu teori yang paling saya kuasai dalam melakukan observasi adalah teori belajar contectual teaching and learning.
    teori ini merupakan konsep belajar yang membantu mengaitkan antara materi yang ada pada situasi dunia nyata dan mendorong antar pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari - hari.
    pendekatan kontekstual ini merupakan kosdep belajar yang membantu siswa mengaitkan materi yamg ada pada dunia nyata dengan pengetahuan yang dimiliki dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif :
    1. konstruktivisme
    constructivisme merupakan landasan berpikir pendekatan CTL yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia seikit deni sedikit yang hasilnya diperluas oleh konteks yang terbatas. siswa dibiasakan memecahkan suatu masalah san bergelut dengan ide yang mereka miliki.
    2. inquiry
    menemukan merupakan kegiatan inti dari kegiatan pembelajaran berbasis CTL. pengetahuan dari ketra,pilam siswa diperoleh berdasarkan menemukan bukan sekedar proses mengingat.
    3. questioning
    pengetahuan yang dimiliki seseorang selalu simulai dari bertanya. bertanya merupakan strategi utama pembelajaran berbasis CTL.
    4. learning community
    dalam konsep learning community menyarankan agar hasil pembelajaran diperoleh dari kerja sama dengan orang lain,. terdapat sharing antar teman dan kelompok dalam proses belajar.
    5.modelling salam proses pembelajaran tentu ada poroses yang ditiru yaitu bisa saja terjadi seperrti cara mengoperasikan sesuatu.salam CTL guru bukan hanya satu - satunya model yang ada.
    6. reflection
    refleksi adalah tentang apa yang baru dipelajari atau berpikir ke belakang tentang apa yang telah dilakukan di masa lalu. nisa merupakan pengayaan atau respons yang terjadi terhadap suatu proses kejadian ataupun aktivitas pembelajaran.
    7. authentic assessment
    assessment adalah proses pengumpulkan data yang dapat memberikan perkembangan belajar siswa.
    dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis konstektual lebih kepada program pembelajaran yang dirancang dan telah berisi skenario tahap demi tahap tentang apa yang akan dilakukan.
    berdasarkan pengalaman saya yang dikaitkan denga salah satu teori pembalajaran contecstual teaching learning adalah bahwa dimana dikatakann proses pembelajaran itu adalah berdasarkan apa yang dialami oleh siswa,sehingga pada saat melakukan observasi sangat terlihat jelas bagi saya bahwa saya telah melakukan proses pembelajaran berdasarkan atas pengalaman saya sendiri karena pada saat saya ,melakukan obervasi saya melihat dan mempelajari dengan jelas teori ataupun materi yang telah saya dapatkan dari guru dan kemudaian saya melakukannya langsung dalam dunia nyata. saya juga menemukan bahwa ilmu pengetahuan dan ketrampilan saya dalam melakukan observasi itu berdasarkan proses menemukan, saya menemukan apa yang menjadi pembelajaran saat kami melakukan observasi. saat senag melakukan obervasi kelompok kami juga melakukan proses bertanya sehingga saya dapat mengamati tentang perilaku siswa yang sedang kami observasi dan disini pun terjadi proses pembelajaran. kami juga melakukan sharing antar teman sekelompok mengenai hasil yang telah kami dapatkan selama observasi. kami juga melakukan proses pemgumpulam data dan menilai jawaban dari masing - masing dan meyimpulkannya menjadi satu hasil dari obervasi yang telah kami lakukan .

    BalasHapus
  3. (UAS) 2. Jawaban soal ini paling lambat saya tunggu hingga tanggal 13 Juni 2010. Menurut kamu, adakah teori paedagogi yang dapat menjelaskan alasan saya memperpanjang toleransi penyelesaian UAS no 2. ini? Coba uraikan.

    BalasHapus
  4. menurut pendapat saya ada salah satu teori paedagogi yang dapat menguatkan alasan kenapa penyelesaian soal UAS no. 2 ini mendapat toleransi. salah satunya adalah teori pembelajaran konstruktivistik dimana teori ini bersifat membangun. dalam hal ini mahasiswa dibiarkan membangun pemikiran dan mempersiapkan dengan matang jawaban yang menjadi pertanyaan soal UAS no. 2 ini. ibu memberikan waktu yang cukup untuk mahasiswa lebih membangun kretivitasnya dalam berusaha menjawab soal yang diberikan oleh karena itu menurut saya teori yang paling tepat dalam menentukan apa yang menjadi penyebab toleransi perpanjangan waktu dalam menyelesaikan soal.

    BalasHapus